Main Article Content

Abstract

Abstract: In Indonesia, case management is a breakthrough offered by the Hospital Accreditation Commission to provide quality health services while still paying attention to financing, especially in Jaminan Kesehatan Nasional era. Case managers can play a role in improvement of quality services indicators and effective financing. One of the focuses of the implementation of the case manager is patient in intensive care unit. This study purposes is to examine and analyze the effectiveness of the case manager's role to improve quality of health services and cost containment in intensive care RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung.


This study uses a qualitative descriptive study approach. The participants of this study were Professional Care Providers, hospital management, patients/ families, claims unit, and BPJS Kesehatan. Data collection methods were used observation, in-depth interviews, and documentation.


The results obtained are the role of the case manager in the intensive care of RSUP Dr. Hasan Sadikin was considered ineffective in optimizing integrated patient care and helping to improve interprofessional collaboration, facilitating the fulfillment of patient care needs, including family and caregivers. Case managers also have an ineffective role in efforts to improve quality of health services and cost containment. This is influenced by internal case manager factors which include the competence of the case manager and there were case manager who have double job. Meanwhile, factors from broader management include the provision of rewards and the establishment system and periodic evaluations. In addition, socialization about case managers is believed to optimize the role of case managers.


Keywords: Case manager; JKN program; quality of service; cost containment; intensive care unit.


Abstrak: Case manager merupakan sebuah terobosan yang ditawarkan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) untuk memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu namun tetap memperhatikan pembiayaan terutama pada era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Case manager dapat berperan dalam membantu pencapaian indikator mutu unit pelayanan dan pembiayaan pasien yang efektif. Salah satu yang menjadi fokus


implementasi case manager yakni perawatan pasien di ruang intensif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis efektivitas peran case manager dalam upaya pengendalian mutu pelayanan kesehatan dan kendali biaya kesehatan di RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung.


Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif kualitatif. Partisipan penelitian ini adalah Profesional Pemberi Asuhan (PPA), manajemen rumah sakit, pasien/keluarga pasien, bagian klaim / P3JKN, serta BPJS Kesehatan. Metoda pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan lapangan dan wawancara mendalam, serta dokumentasi.


Hasil yang didapatkan menunjukkan peran case manager di ruang perawatan intensif RSUP Dr. Hasan Sadikin dinilai belum efektif dalam mengoptimalkan asuhan pasien terintegrasi serta membantu meningkatkan kolaborasi interprofesi, memfasilitasi pemenuhan kebutuhan asuhan pasien, termasuk keluarga dan pemberi asuhannya. Case manager juga belum berperan secara efektif dalam meningkatkan upaya pengendalian mutu dan pengendalian biaya pelayanan kesehatan peserta program JKN. Temuan tersebut dipengaruhi faktor internal case manager yang meliputi kompetensi case manager itu sendiri dan adanya petugas case manager yang merangkap pekerjaan lain. Sedangkan faktor dari sisi manajemen yang lebih luas meliputi pemberian reward kepada petugas case manager dan juga dibentuknya sistem dan evaluasi yang baik dalam implementasinya. Selain itu, sosialisasi mengenai case manager juga diyakini mampu mengoptimalkan peran case manager.


Kata Kunci: Case manager; program JKN; kendali mutu; kendali biaya; perawatan intensif.

Article Details

How to Cite
Auladi, S. (2022). Efektivitas Case Manager dalam Upaya Kendali Mutu dan Kendali Biaya Pelayanan Kesehatan Di RSUP Dr. Hasan Sadikin. Jurnal Jaminan Kesehatan Nasional, 2(1). https://doi.org/10.53756/jjkn.v2i1.49

References

  1. Aeni, W. (2014). Pengembangan Case Manager dalam Patient Centered Care. Jurnal Manajemen Keperawatan, 2(2), 126–134.
  2. Atmaja, B., Afiyanti, Y., & Budiyarti, Y. (2018). Pelaksanaan Case Management oleh Kepala Ruang di RSUD Banjarmasin. Jurnal Darul Azhar, 5(1), 8–16.
  3. Cesta, T., & Cunningham, B. (2009). Core skills for hospital case managers: A training toolkit for effective outcomes. HCPro. Inc.
  4. Colaizzi, P. F. (1978). Psychological research as the phenomenologist views it. Oxford University Press.
  5. Gaol, J. (2014). A to Z Human Capital Manajemen Sumber Daya Manusia: Konsep, Teori dan Pengembangan dalam Konteks Organisasi Publik dan Bisnis. Grasindo.
  6. Hudon, C., Chouinard, M. C., Lambert, M., Diadiou, F., Bouliane, D., & Beaudin, J. (2017). Key factors of case management interventions for frequent users of healthcare services: A thematic analysis review. BMJ Open, 7(10). https://doi.org/10.1136/bmjopen-2017-017762
  7. Hudon, C., Chouinard, M.-C., Lambert, M., Dufour, I., & Krieg, C. (2016). Effectiveness of case management interventions for frequent users of healthcare services: a scoping review. BMJ Open, 6(9), e012353. https://doi.org/10.1136/bmjopen-2016-012353
  8. Indrawan, R., & Yaniawati, P. (2016). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan dan Pendidikan (revisi). Refika Aditama.
  9. Indrian, R. (2018). Implementation of case management in improving quality of service in Islamic Hospital Purwokerto (case study patient DM Type II). Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit, 7(2), 144–151.
  10. Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). (2016). Panduan Praktik Manajemen Pelayanan Pasien - MPP di Rumah Sakit (Case Manager). KARS.
  11. Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). (2017). Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit Edisi 1. KARS.
  12. Marquis, B. L., & Huston, C. J. (2010). Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan: Teori dan Aplikasi (4th ed.). EGC.
  13. Pohan, I. (2006). Jaminan mutu layanan kesehatan: dasar-dasar pengertian dan penerapan. EGC.
  14. Price, A. (2011). Human Resource Management: Fourth Edition. Cengage Learning EMEA.
  15. Priyono. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Zifatama.
  16. Rahman, A. (2018). Pengembangan Instrumen Fungsi-Tugas Case Manager dalam Metode Asuhan Keperawatan Profesional (MAKP): Case Management di RSUD dr. H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin. Universitas Airlangga.
  17. Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Republik Indonesia.
  18. Ross, S., Curry, N., & Goodwin, N. (2011). Case management: What it is and how it can best be implemented, The King’s Fund Paper, November 2011.
  19. Streubert, H. J., & Carpenter, D. R. (2011). Qualitative Research in Nursing: Advancing the Humanistic Imperative. Wolters Kluwer.