Penerapan Metode Lean Six Sigma Dalam Upaya Rekrutmen Peserta PPU Badan Usaha: Study Kasus Proses Telemarketing Kantor Cabang Jakarta Selatan

Authors

  • Teguh Wijaya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Jakarta, Indonesia
  • Fanny Wiramijaya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Jakarta, Indonesia
  • Annisa Rahmania Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Jakarta, Indonesia
  • Silvia Oktaviani Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53756/jjkn.v1i1.19

Keywords:

DMAIC, Induktif, Lean Six Sigma

Abstract

Pandemi covid-19 selama tahun 2020 membuat capaian peserta khusus segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) mengalami penurunan, khususnya di kantor cabang Jakarta Selatan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan metode Lean Six Sigma dalam proses rekrutmen badan usaha di Kantor Cabang Jakarta Selatan penelitian kualitatif dengan data yang diperoleh berdasarkan pengamatan atau observasi, hasil wawancara, hasil pemotretan dilapangan, analisa dokumen dan catatan atau laporan dengan jenis penelitian kualitatif bersifat induktif, Metode Define, Measure, Analyze, Improve dan Control (DMAIC) digunakan dalam penelitian ini dengan hasil penerapan metode Lean Six Sigma dapat meningkatkan proses kegiatan rekrutmen peserta. Dari hasil penelitian yang didapat bahwa metode DMAIC terbukti dapat meringkas proses dan meningkatkan capaian peserta melalui telemarketing sebanyak 5.962 peserta. Penelitian ini selanjutnya diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan capaian kerja di bidang lainnya seperti kepesertaan, SDM umum dan pelayanan faskes.

References

Arfmann, D., & Barbe, G. (2014). The value of lean in the service sector: a critique of theory & practice. International Journal of Business and Social Science, 5(2), 18–24.

Artadi, R., & Syah, T. Y. R. (2018). Lean Service Design in Purchasing Order of Motorcycles : Case Study at Mandiri Utama Finance Branches Tangerang , Indonesia. 01(01), 1–5.

Dakhli, Z., Lafhaj, Z., & Bernard, M. (2017). Application of lean to the bidding Fase in building construction: A French contractor’s experience. International Journal of Lean Six Sigma, 8(2). https://doi.org/10.1108/IJLSS-03-2016-0010

Gaspersz, V. (2011). Lean Six Sigma.

Gutierrez-Gutierrez, L., de Leeuw, S., & Dubbers, R. (2016). Logistics services and Lean Six Sigma implementation: a case study. International Journal of Lean Six Sigma, 7(3), 324–342. https://doi.org/10.1108/IJLSS-05-2015-0019

https://hbr.org/2012/05/its-time-to-rethink-continuous

Mohajan, H., & Mohajan, H. K. (2018). Munich Personal RePEc Archive Qualitative Research Methodology in Social Sciences and Related Subjects Qualitative Research Methodology in Social Sciences and Related Subjects. Journal of Economic Development, Environment and People, 7(85654), 1.

Secchi, R., & Camuffo, A. (2019). Lean implementation failures: The role of organizational ambidexterity. International Journal of Production Economics, 210 (May 2017), 145–154. https://doi.org/10.1016/j.ijpe.2019.01.007

Sommer, A. C., & Blumenthal, E. Z. (2019). Implementation of Lean and Six Sigma principles in ophthalmology for improving quality of care and patient flow. Survey of Ophthalmology. https://doi.org/10.1016/j.survophthal.2019.03.007

Sunaryanto, K., & Syah, T. Y. R. (2018). Application of Lean Thinking Development : Case Study over Badan Pendapatan Daerah ( BAPENDA ), South Tangerang Based on Lean Government. 20–26.

Downloads

Published

17-07-2021

How to Cite

Wijaya, T., Wiramijaya, F. ., Rahmania, A. ., & Oktaviani, S. (2021). Penerapan Metode Lean Six Sigma Dalam Upaya Rekrutmen Peserta PPU Badan Usaha: Study Kasus Proses Telemarketing Kantor Cabang Jakarta Selatan. Jurnal Jaminan Kesehatan Nasional, 1(1), 67–80. https://doi.org/10.53756/jjkn.v1i1.19